23 Maret 2011

"Tamasya" ke Percetakan

Maaf baru sempat nulis menulis lagi, mohon maklum kuli buruh seperti saya memang rada repot kalo tiap bulan harus nulis, soalnya sudah cukup pusing dengan editing naskah-naskah yang masuk,hahaha... :p

Berikut beberapa buku yang sudah selesai editing dan yang akan terbit, dan tentunya edited by Me,hehe...
7 jenis kayu penghasil rupiah, bertanam jabon, buku pintar kopi, dan yang akan terbit untung besar dari pembibitan kayu dan kopi luwak.

Oke, mumpung masih anget, hasil "tamasya" ke tempat percetakan,..
Coba sharing beberapa hasil foto disana, mohon maaf sebelumnya, karena photo nya cuma menggunakan kamera handphone (*ya ga akan boleh sepertinya motret pake slr karena saya hanya pengunjung "tamasya").
Menarik, sistem percetakan sekarang ini, teknologi offset sudah sangat berkembang. Berikut beberapa tahapannya yang ditangkep sama saya. Kalo ada yang baca ini, dan ternyata ada yang salah atau kurang, mohon dikoreksi ya.. ^_^

1. CTP (computer to plate)
Ini merupakan pemindai file pdf (layaknya e books) ke dalam bentuk plat aluminium untuk bahan baku yang dicetak di mesin cetak. Tentunya dengan segala macam correction color dan campuran warna.

2. Cetak Offset
Teknologi ini sudah sangat maju, dengan sistem automatic yang laju per lembarnya dapat mencapai ribuan lembar, jadi untuk mencetak satu buku hanya dibutuhkan waktu 2-3 jam.

3. Mesin pemotong kertas dan pengatur halaman
Saya lupa lagi namanya. teknik ini merupakan langkah yang harus dilakukan, karena pada dasarnya beberapa lembaran di dalam buku di cetak dalam satu lembar besar, lalu dibutuhkan pemotongan untuk kemudian diurutkan berdasarkan halaman per halaman.

3. Binding
Ini merupakan teknik pemberian lem di bagian punggung buku, dan tentunya dengan materi yang ada, baik itu isi buku, cover buku, maupun sisipan buku jika diperlukan.

4. Wraping dan Packaging
Ini tahapan terakhir, yakni membungkus hasil binding buku dengan jenis plastik tertentu. Lalu, dikemas sedemikian rupa hingga menjadi buku siap jual. Tahapan ini semuanya dikerjakan oleh mesin / full automatis (*untuk percetakan tertentu).

Ini beberapa foto yang sempat diabadikan.